banner 728x250
Binkam  

Sosialisai Penerimaan Anggota Polri di Polres Lobar, Jaring Animo Pendaftar Rim Terpadu Anggota Polri

banner 468x60

Lombok Barat, NTB – Bertempat di SMA 1 Gerung telah dilaksanakan Sosialisasi Penerimaan Terpadu Anggota Polri, dari Akpol, Bintara dan Tantama, yang dihadiri juga dari Bag Dalpers Biro SDM Polda NTB, Kamis (13/1/2022).

Kapolres Lombok Barat AKBP Wirasto Adi Nugroho, SIK melalui Kabag SDM Kompol Gede Ariadana, SH mengatakan Proses penerimaan anggota Polri merupakan bagian siklus pembinaan sumber daya manusia Polri.

banner 325x300

“Proses penerimaan anggota Polri, memiliki nilai strategis untuk mendapatkan anggota yang berkualitas dimana penyelenggaraannya dilakukan melalui berbagai macam tahapan,” ungkapnya.

Mulai dari kegiatan sosialisasi, pendaftaran, tahapan seleksi sampai pada pengumuman kelulusan

“Dengan adanya kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan secara terencana dan berkesinambungan diharapkan mampu meningkatkan animo putra-putri terbaik Lombok Barat untuk mendaftar menjadi anggota Polri.

Khususnya para Putra Putri yang potensial, sehingga mereka dapat mempersiapkan secara dini untuk mendaftar menjadi calon anggota Polri.

“Sehingga, memberikan kesempatan yang lebih besar kepada Panitia Daerah, untuk memilih dan mendapatkan calon yang berkualitas,” ucapnya.

Dalam artian, memiliki kemampuan akademik, Kesamaptaan Jasmani serta sikap dan perilaku yang baik, memiliki karakter sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat yang sesuai dengan kompetensi tugas Polri.

“Pada awal tahun 2022 Bag SDM Polres Lobar melaksanakan tahapan sosialisasi penerimaan terpadu Anggota Polri T.A. 2022 ke sekolah-sekolah dan Pondok Pesantren di wilayah Hukum Polres Lombok Barat,” katanya.

Dimana Kabag SDM Polres Lombok Barat Kompol Gede Ariadana, S.H. ditunjuk selaku Ketua Pelaksana Sosialisasi penerimaan terpadu anggota Polri T.A. 2022.

“Dalam pelaksanaannya tetap mendapat pendampingan dari Bag Dalpers Biro SDM Polda NTB, dimana kegiatan sosialisasi ini juga merupakan tindak lanjut dari program inovasi bapak Karo SDM Polda NTB, yaitu Program BTS (Back To School) tuturnya.

Dimana dalam melaksanakan sosialisasi Penerimaan Terpadu Anggota Polri dengan melibatkan Bintara Remaja yang baru lulus pendidikan untuk sosialisasi dan berbagi pengalaman selama mengikuti seleksi kepada adik-adik kelas di sekolah mereka masing-masing.

Perlu diketahui bahwa Polres Lobar sebagai Pabanrim (Panitia Bantuan Penerimaan) pada tahun 2021 telah melaksanakan pemeriksaan administrasi awal penerimaan terpadu anggota polri T.A. 2021 dan penerimaan Bintara melalui jalur rekrutment proaktif.

“Memberikan kesempatan terhadap putra putri terbaik di wilayah Polres Lombok Barat, dan telah menjaring animo yang mendaftar pada penerimaan terpadu anggota polri,” imbuhnya.

Diantaranya mendaftar Akpol sejumlah 2 orang pria, Bintara PTU sejumlah 160 orang pria dan 29 orang wanita, Bakomsus T.I. sejumlah 7 orang pria, Tamtama brimob sejumlah 14 orang pria, Tamtama polair sejumlah 3 orang pria.

Sedangkan animo untuk jalur Bintara rekrutmen proaktif sejumlah 10 orang pria, terdiri dari formasi rekrutmen affirmative action sejumlah 6 orang dan Talent scouting sejumlah 4 orang.

“Dari animo pendaftar penerimaan Polri T.A. 2021 tersebut diatas, yang dinyatakan terpilih dan ditetapkan lulus untuk mengikuti pendidikan pembentukan Polri terbagi menjadi dua gelombang,” ucapnya.

Gelombang 1 (satu) T.A. 2021 terdiri dari Bintara PTU sejumlah 13 orang pria dan 1 orang wanita, Bintara Brimob sejumlah 3 orang pria, Bintara T.I. sejumlah 1 orang pria, Bintara rekrutmen proaktif sejumlah 4 orang pria dan pada tanggal 22 Desember 2021 sudah dilantik menjadi Anggota Polri.

Sedangkan untuk Gelombang 1 (satu) T.A. 2022 terdiri dari Bintara PTU sejumlah 15 orang pria, Bintara Brimob sejumlah 2 orang pria, Tamtama Brimob sejumlah 1 orang pria dan pada bulan Februari 2022 akan memasuki lembaga pendidikan Polri di SPN Polda NTB.

banner 325x300
banner 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published.