Ekbis, NTB  

Pemprov NTB Siapkan Gerai untuk 10 Kab/Kota di Bazaar Mandalika

Stand Bazar Mandalika. Dok:Pemprov NTB

Mataram, NTB – Menykapi tudingan monopoli sepihak oleh oknum pejabat Provinsi NTB, Pemerintah Provinsi NTB melalui Dinas Perdagangan NTB telah menyiapkan 10 gerai /stall di Bazar Mandalika untuk ditempati oleh UMKM se-NTB.

Hal ini disampikan oleh Kepala Dinas Perdagangan NTB Drs. H. Fathurrahman, M.Si., yang diwakili Sekretaris Dinas Baiq Nelly Yuniarti bahwa nantinya UMKM tersebut akan diakomodir oleh NTB Mall, bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) setiap kab/kota di NTB, Rabu (2/3/2022).

“Pemerintah Provinsi juga merupakan customer (pengguna) gerai UMKM yang disewakan oleh ITDC,” ungkapnya.

Menurutnya, gerai yang disiapkan Pemerintah Provinsi untuk 10 Kabupaten Kota tersebut adalah sebagai asas keseimbangan dan keadilan.

Hal tersebut menanggapi adanya isu jika gerai di sirkuit kebanggaan Indonesia tersebut telah dimonopoli sepihak oleh oknum pejabat Provinsi.

“303 gerai yang disewakan oleh ITDC di Sirkuit Mandalika, ada 10 gerai yang disewa Dinas Perdagangan untuk ditempati khusus oleh UMKM se – NTB,” ucapnya.

Sisanya, 293 gerai telah disiapkan ITDC untuk UMKM asal Lombok Tengah.

“Karna jangan sampai dari 303 stall/bazar itu tidak ada alokasi untuk saudara kita UMKM dari Kabupaten/Kota lain. Itu sih dasar kita, point pertama kita asas keseimbangan dan keadilan,” jelas Baiq Nelly.

Selanjutnya untuk lokasi gerai seluruhnya ditentukan oleh ITDC.

“Menanggapi isu yang beredar, jadi untuk stall/bazar UMKM yang ada di Mandalika, dari 303 stall tersebut, ada 10 yang disiapkan sebagai representasi dari Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional daerah) se-NTB dengan sistem sewa ke ITDC,” tambahnya.

Sementara itu, untuk mekanisme bagi masyarakat yang ingin menempati gerai/bazar yang telah disiapkan oleh ITDC bisa langsung menghubungi bagian Humas ITDC.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.