Babinsa Langko Sarankan Petani Cabe Keriting Menggunakan Pupuk Organik

Lombok Barat, NTB – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Langko Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-08/Narmada laksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) bersama petani cabe keriting di Dusun Sangiang, Desa Langko, Kecamatan Lingsar, Lombok Barat, Selasa (15/11/2022).

Sertu Muhammad Babinsa Langko mengungkapkan, “kegiatan yang di lakukan ini merupakan kegiatan rutinitas kami sebagai aparat teritorial, dalam hal ini membatu petani cabe kriting milik Bapak Samsudin. dengan harapan, kehadiran kami di tengah-tengah kegiatan mereka sehari-hari dapat memberikan penyemangat serta mendorong para petani agar terus memanfaatkan lahan kosong menjadi lahan produktif,” ucapnya.

“Cabe juga merupakan salah satu komoditas Hortikultura yang sangat di butuhkan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dalam segala hal, karena buahnya selain di jadikan sayuran atau bumbu masak juga mempunyai kapasitas menaikkan pendapatan petani, bahkan di beberapa daerah di jadikan sebagai bahan baku industri yang memiliki nilai eksport yang cukup tinggi,” katanya.

Samsudin pemilik lahan cabe keriting tersebut menjelaskan, “Dengan luas lahan ±3 are, tanaman cabe ini memiliki masa panen dua hingga tiga bulan, dengan hasil panen ±40 kilogram. Dengan pemasaran langsung di jual ke pasar tradisional terdekat,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, “untuk pupuk sendiri, kami di sarankan menggunakan pupuk organik oleh pak Babinsa, untuk mengurangi beban biaya perawatan. Ini sudah kita lakukan dengan meracik sendiri pupuknya yang di bantu oleh pak Babinsa,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.