Binkam  

Dampak Hujan Lebat dan Angin Kencang di Kuripan, Rusak Rumah Warga, Pohon Tumbang dan Lukai Dua Orang

Dampak Hujan Lebat dan Angin Kencang di Kuripan, Rusak Rumah Warga, Pohon Tumbang dan Lukai Dua Orang

Lombok Barat, NTB – Hujan lebat di sertai angin kencang di wilayah Kecamatan Kuripan mengakibatkan terjadinya sejumlah Pohon tumbang serta beberapa rumah mengalami kerusakan, Selasa (15/11/2022).

Kapolsek Kuripan Iptu Sutrisno mengatakan sejauh ini pihaknya telah menurunkan personel, guna melakukan evakuasi dan pembersihan terhadap pohon tumbang tersebut.

“Terhadap Pohon Tumbang yang menghalangi jalan, telah melakukan pemotongan dan pembersihan dijalan,” ungkapnya.

Dalam evakuasi pohon tumbang ini, melibatkan Personil Polsek Kuripan bersama pihak terkait. Antara lain Sat Sabhara Polres Lobar, Pos Ramil Kuripan, Tim URC PLN dan BPBD Lobar.

Rumah atau bangunan milik masyarakat yang terdampak oleh angin kencang disertai hujan lebat, rata-rata mengalami kerusakan pada bagian atap.

“Saat ini telah dilakukan pendataan oleh pihak Desa dan BPD Kabupaten Lombok Barat. Dan masih terus dilakukan pendataan terhadap yang terdampak,” katanya.

Berikut dampak yang di sebabkan oleh Hujan dan Angin kencang di Wilayah Kecamatan Kuripan

Pertama di Desa Kuripan telah terjadi pohon tumbang di empat lokasi. Antara lain di jalur Bay Pass Bil 1 (Sedayu), Depan SDN 2 Kuripan ( Dsn. Karang makam), Lapangan bola kuripan dan Simpang tiga kuburan Dsn. dua pelet. Adapun dampak kerusakan rumah satu rumah warga di Dusun Tongkek atap rumahnya tersapu angin.

Selanjutnya di Desa Kuripan Utara, pohon tumbang terjadi di dua lokasi. Antara lain Depan SDN 4 Kuripan ( Dsn. Perengge) dan Jalan utama Dusun Pedek anyar. Dengan dampak kerusakan rumah menimpa salah satu rumah di pedek anyar dan Gedung perpustakaan SDN 4 KURIPAN Utara.

Untuk di Desa Jagaraga pohon tumbang terjadi di tiga lokasi. Antara lain Depan pura Dsn tambang eleh, SMAN 1 kuripan Desa Jagaraga dan Jalur Bil I Dsn tambang eleh.
Sedangkan dampak kerusakan rumah di Desa Jagaraga menimpa sebanyak 15 rumah.

“Selain itu, juga terdapat Korban Luka yang diakibatkan oleh Pohon Tumbang di Depan SMA N 1 Kuripan. Terhadap dua orang, salah satunya adalah balita,” imbuhnya.

Antara lain Ririn Oki Mana, perempuan (26) asal Dusun Tongkek kuripan mengalami luka robek bagian kepala belakang sepanjang 15 Cm. Kemudian seorang Balita usia lima tahun asal Dusun Beremi Desa Jagaraga mengalami luka gores pada punggung dan atas kening.

“Saat ini korban sedang dilakukan tindakan medis dipuskesmas Kuripan,” pungkasnya.

Tidak cukup sampai di situ, akibat hujan lebat disertai angin kencang juga mengakibatkan kabel listrik milk PLN putus dan melintang di badan jalan.

“Pihak URC PLN langsung melakukan perbaikan Tiang Listrik dan kabel yang tumbang,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.